1. GET IP
a. Listing Program getIP
b. Logika Program getIP
Dalam program ini package java.net akan diimport. selanjutnya kita membuat class getIP kemudian kita mendeklarasikan InetAddress host benilai null kemudian host akan
didapatkan dari nilai InetAddress host dan terakhir pada byte ip didapatkan
nilai dari hostAddress. Dapat dilihat program diatas menggunakan perulangan for dimana terdapat variable i. Program java diatas digunakan untuk mengetahui nama PC yang sedang berjalan dan yang sedang digunakan.
c. Output Program getIP
2. GET NAME
a. Listing Program getName
b. Logika Program getName
Seperti pada program diatas java.net akan di import agar terhubung ke dalam jaringan internet. Kemudian InetAddress host =
null memiliki nilai kosong pada variabel host di dalam InetAddress. Maksud dari dibuatnya program ini yaitu bertujuan untuk menampilkan nama komputer dan nama PC yang sedang digunakan, penamaan komputer ini dapat dilakukan pada saat penginstalan komputer atau mengganti pada pengaturan di control panel.
c. Output Program getName
3. IP TO NAME
a. Listing Program IPtoName
b. Logika Program IPtoName
Pertama package java.net diimport, kemudian buat class yang dibuat yaitu
IPtoName. Pada program ini terdapat kondisi if dimana jika panjang string host
sama dengan 0 maka cetak nama pemakai dan IPtoName. Kemudian terdapat perintah try dan catch yang digunakan
untuk menangkap kesalahan didalam program, pada perintah try ini akan mencoba
memanggil nama host kemudian disimpan didalam variabel address, jika terdapat
kesalahan maka program akan mencetak invalid IP – malformed ip, jika program
tidak terjadi kesalahan maka program akan mencetak nilai ip address host.
c. Output Program IPtoName
4. NSLOOKUP
a. Listing Program NsLookup
b. Logika Program NsLookup
Pada program ini jika panjang karakter string args sama dengan 0 maka
akan mencetak Pemakai : Java NsLookup hostname. Kemudian mendeklarasikan String
host adalah 0 dan InetAddress address bernilai null. Kemudian terdapat
perintah try dan catch yang digunakan untuk menangkap kesalahan didalam
program, pada perintah try ini akan mencoba memanggil nama host kemudian
disimpan didalam variabel address, jika terdapat kesalahan maka program akan
mencetak unknown host, jika program tidak terjadi kesalahan terdapat perintah
perulangan for.
c. Output Program NsLookup
5. SIMPLE SERVER & CLIENT JAVA
a. Listing Program simpleServer.java
b. Listing Program simpleClient.java
c. Logika Program
simpleServer.java
Program ini bertujuan untuk dapat melakukan
pemasukan data dari peralatan input dan juga akan menampilkan data pengguna.
simpleClient.java
Sebelum menjalankan simpleClient ini harap menjalankan program server terlebih dahulu. Program ini menggunakan port yang akan digunakan sebagai
code pada port yang sama pada server. Selanjutnya terdapat client socket pada sisi
server yang digunakan untuk membaca
data yang dikirim oleh server dari client-socket tersebut yang akan menampilkan
data di layar monitor. Lalu user akan diminta untuk memberikan inputan dari
keyboard dalam bentuk string lalu nilai tersebut akan di kirimkan melalui
server socket yang telah dibentuk dan server akan membaca data yang telah di
kirim oleh client di connection socket.
d. Output Program
0 komentar:
Posting Komentar