Kamis, 16 Maret 2017

PENJELASAN PROGRAM GET IP, GET NAME, IP TO NAME, NSLOOKUP, DAN APLIKASI SERVER & CLIENT

1. GET IP

a. Listing Program getIP


b. Logika Program getIP

Dalam program ini package java.net akan diimport. selanjutnya kita membuat class getIP kemudian kita mendeklarasikan InetAddress host benilai null kemudian host akan didapatkan dari nilai InetAddress host dan terakhir pada byte ip didapatkan nilai dari hostAddress. Dapat dilihat program diatas menggunakan perulangan for dimana terdapat variable i. Program java diatas digunakan untuk mengetahui nama PC yang sedang berjalan dan yang sedang digunakan. 

c. Output Program getIP 



2. GET NAME

a. Listing Program getName


b. Logika Program getName

Seperti pada program diatas java.net akan di import agar terhubung ke dalam jaringan internet. Kemudian InetAddress host = null memiliki nilai kosong pada variabel host di dalam InetAddress. Maksud dari dibuatnya program ini yaitu bertujuan untuk menampilkan nama komputer dan nama PC yang sedang digunakan, penamaan komputer ini dapat dilakukan pada saat penginstalan komputer atau mengganti pada pengaturan di control panel.

c. Output Program getName



3. IP TO NAME

a. Listing Program IPtoName



b. Logika Program IPtoName

Pertama package java.net diimport, kemudian buat class yang dibuat yaitu IPtoName. Pada program ini terdapat kondisi if dimana jika panjang string host sama dengan 0 maka cetak nama pemakai dan IPtoName. Kemudian terdapat perintah try dan catch yang digunakan untuk menangkap kesalahan didalam program, pada perintah try ini akan mencoba memanggil nama host kemudian disimpan didalam variabel address, jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak invalid IP – malformed ip, jika program tidak terjadi kesalahan maka program akan mencetak nilai ip address host.

c. Output Program IPtoName

 

4. NSLOOKUP

a. Listing Program NsLookup


b. Logika Program NsLookup

Pada program ini jika panjang karakter string args sama dengan 0 maka akan mencetak Pemakai : Java NsLookup hostname. Kemudian mendeklarasikan String host adalah 0 dan InetAddress address bernilai null. Kemudian terdapat perintah try dan catch yang digunakan untuk menangkap kesalahan didalam program, pada perintah try ini akan mencoba memanggil nama host kemudian disimpan didalam variabel address, jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak unknown host, jika program tidak terjadi kesalahan terdapat perintah perulangan for.

c. Output Program NsLookup



 5. SIMPLE SERVER & CLIENT JAVA

a. Listing Program simpleServer.java


b. Listing Program simpleClient.java

c. Logika Program

simpleServer.java
Program ini bertujuan untuk dapat melakukan pemasukan data dari peralatan input dan juga akan menampilkan data pengguna.

simpleClient.java 
Sebelum menjalankan simpleClient ini harap menjalankan program server terlebih dahulu. Program ini menggunakan port yang akan digunakan sebagai code pada port yang sama pada server. Selanjutnya terdapat client socket pada sisi server yang digunakan untuk membaca data yang dikirim oleh server dari client-socket tersebut yang akan menampilkan data di layar monitor. Lalu user akan diminta untuk memberikan inputan dari keyboard dalam bentuk string lalu nilai tersebut akan di kirimkan melalui server socket yang telah dibentuk dan server akan membaca data yang telah di kirim oleh client di connection socket.

d.  Output Program




0 komentar:

 

Around the World Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang